Sunnah-sunnah Shalat Ied

  1. Mengakhirkan shalat hingga matahari naik setinggi satu tombak.
  2. Dilaksanakan di masjid kalau masjidnya luas. Jika tidak luas, maka selain masjid. Bagi wanita-wanita yang sedang haid sunnah berada di pintu masjid untuk mendengarkan khutbah.
  3. Menghidupkan malam hari raya dengan beribadah.
  4. Mandi hari raya. Waktu mandi hari raya masuk setelah tengah malam.
  5. Memakai pengharum dan berhias bagi orang yang ada di rumah, keluar rumah, tua ataupun muda, baik yang mengikuti shalat Ied ataupun tidak. Bagi wanita lanjut usia dan yang tidak memiliki penampilan menarik, sunnah untuk keluar mengikuti shalat Ied di luar rumah dengan berpakaian yang jelek. Sedangkan bagi wanita muda atau wanita yang memiliki penampilan menarik, maka hukumnya makruh mengikuti shalat Ied di luar rumah, dan yang lebih utama bagi mereka adalah shalat di rumah.
  6. Sunnah bagi selain imam untuk berangkat pagi-pagi.
  7. Berangkat dengan berjalan kakidan pulang lewat jalan lain yang lebih dekat. Karena pahala berangkat itu lebih besar sehingga disunnahkan melambatkan dengan memperbanyak langkah kaki sehingga makin banyak pahala. Memberikan fatwa jika ia termasuk ahli ilmu. Memberi sedekah saat berangkat dan pulang. Dan supaya kedua jalan yang ia lewati bisa menjadi saksi baginya.
  8. Segera melaksanakan shalat Idul Adha di awal waktu, agar waktu pelaksanaan kurban setelah shalat semakin panjang.
  9. Mengahirkan pelaksanaan shalat Idul Fitri hingga matahari naik kira-kira setinggi dua tombak, agar waktu mengeluarkan zakat semakin panjang.
  10. Memakan sesuatau sebelum shalat Idul Fitri. Yang utama makan kurma denga ganjil, supaya hari raya berbeda dengan hari sebelumnya yaitu dengan segera makan.
  11. Saat Idul Adha, sunnah untuk tidak melakukan hal-hal yang membatalkan puasa puasa sejak terbitnya fajar hingga selesai shalat Ied. Sebagaimana yang diungkapkan penyusun Shawatu az-Zubad :

“Sebelum pelaksanaan shalat Idul Fitri, sunnah

Untuk berbuka, begitu juga sunnah tidak berbuka hingga waktu pelaksanaan kurban.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

one × four =