Semarakkan Maulid Nabi di Maqom Karomah Pamijahan

Para santri peziarah dari PPS Al-Jawahir memasuki gapura Goa Safarwadi yang terletak di Pamijahan, Tasik, Jum’at (01/12)

PPS Al-Jawahir (01/12/2017)

Setelah berziarah dari Situ Lengkong Panjalu, Kamis (30/11) kemarin, rombongan ziarah santri berlanjut ke daerah Tasik, tepatnya ke Pamijahan yang sangat masyhur di kalangan peziarah yang ada di pulau Jawa, khususnya peziarah dari seluruh pelosok provinsi Jawa Barat.

Santri PPS Al-Jawahir di depan gapura Goa Safarwadi, Pamijahan.

Pamijahan adalah nama tempat wisata bagi peziarah yang berada di desa Pamijahan kecamatan Bantarkalong kabupaten Tasikmalaya. Sejarah Pamijahan mengacu kepada dua situs yang menarik peziarah untuk mendatangi kawasan asri ini yaitu Goa Safarwadi dan Makam Waliyullah Syeh Abdul Muhyi, kehadiran orang orang ke Pamijahan banyak terpusat di kedua area ini saat melakukan ziarah terutama dibulan bulan tertentu, sehingga apabila memasuki bulan tersebut wisata ziarah pamijahan sangatlah padat karena aktivitas para peziarah yang datang berkunjung dari berbagai wilayah tanah air.

Goa Safarwadi, peninggalan Waliyulloh Syeikh Abdul Muhyi Pamijahan.

Bertepatan dengan malam 12 Robiul Awal (Mulud), rombongan ziarah santri PPS Al-Jawahir menziarahi maqom Waliyulloh yang menjadi penyebar Islam pertama di tanah Jawa Barat sekaligus syeikh-nya para ulama Jawa Barat tersebut. Berbeda dengan hari-hari biasa, di malam kelahiran Nabi teragung tersebut, para peziarah dari berbagai daerah pulau Jawa tumpah ruah memenuhi akses jalan, makam, dan Goa Safarwadi di wilayah yang berada di kecamatan Bantarkalong tersebut. Bahkan para peziarah harus rela mengantri bergiliran untuk memasukki makam karomah Syeikh Abdul Muhyi dari mulai ba’da Isya hingga dini hari menjelang Shubuh.

Setelah menziarahi makam Syeikh Abdul Muhyi, tidak lengkap rasanya apabila tidak mengunjungi goa Safarwadi yang merupakan ikon dari wisata ziarah Pamijahan. Goa ini memiliki nilai sejarah sekaligus spiritual yang sangat mendalam dari sejarah Syeikh Abdul Muhyi. Gua ini berada diantara kaki Gunung Mujarod, sekarang lebih di kenal dengan nama Gua Safarwadi Pamijahan dan para peziarah sering mengunjungi gua ini setelah sebelumnya melakukan ziarah ke makam waliyullah Syekh Abdul Muhyi di pamijahan, Gua Safarwadi merupakan warisan dari Syekh Abdul Qodir Al Jailani seorang waliyullah yang hidup 200 tahun sebelum masa Syeikh Abdul Muhyi. Semenjak gua ditemukan, Syekh Abdul Muhyi semasa hidupnya bermukim disini bersama keluarga dan para santrinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

4 × 4 =