Selamat Datang di Website Official Ponpes Al-Jawahir

Pondok Pesantren sebagai lembaga pendidikan asli Indonesia memiliki akar tradisi sangat kuat dilingkungan masyarakat Indonesia. Berkembang sejalan dengan proses Islamisasi di Nusantara, pesantren merupakan produk budaya Indonesia yang indigenous. Sebagai lembaga pendidikan Islam, pesantren diindikasikan mempunyai tiga peran tradisional yang penting, yaitu: 1) sebagai pusat berlangsungnya transmisi ilmu-ilmu Islam (transmission of islamic knowledge); 2) sebagai penjaga dan pemelihara kelangsungan tradisi Islam (maintenance of Islamic tradition);  3) sebagai pusat reproduksi Ulama (reproduction of ulama). Dengan kekuatan figur Kiai/ Ulama, pesantren berperan penting dalam intelektualisasi dan intensifikasi keislaman masyarakat muslim nusantara secara massif.

Pondok pesantren merupakan salah satu lembaga pendidikan Islam di Indonesia yang bercorak tradisional untuk memahami, menghayati, mengamalkan ajaran Islam (Tafaqquh Fiddien) dengan menekankan moral agama sebagai pedoman hidup bermasyarakat. Pondok pesantren didirikan untuk memberikan pendidikan dan pengajaran kepada umat yang berkualitas lahir dan batin yang berkualitas imani, akhlaki, ilmu dan amalnya.

Untuk itu segala upaya yang mengacu pada pengembangan kualitas manusia sebagai sumber daya insani secara terus menerus dilakukan dengan indikasi peningkatan kualitas manusia Indonesia yang mampu berfikir strategis dan berwawasan masa depan adanya keseimbangan antara IMTAQ  dan IPTEK.

Menyadari hal tersebut, Pondok Pesantren Al-Jawahir berupaya mengembangkan potensi anak didik menjadi kemampuan nyata yang optimal, baik dalam ilmu pengetahuan, sikap, maupun pengalaman yang disesuaikan dengan lingkungan dan taraf pengembangan anak berdasarkan tuntunan Al-Qur’an dan Sunnah Rasulullah S.A.W melalui Pondok Pesantren Al-Jawahir.

Ponpes Al-Jawahir ini didirikan pada tahun 2003 oleh KH. Mamat Saeful Qodir yang kini sebagai Pimpinan Pondok Pesantren Al-Jawahir.

Asatidz/dzah yang ada di Pondok Pesantren Al-Jawahir terdiri dari Kyai dan ustadz/dzah yang berlatar belakang disiplin ilmu yang beragam dan lulusan dari Pondok Pesantren serta PTN/PTS ternama, seperti Pondok Pesantren YAMISA Soreang, Pondok pesantren Al-Ma’muniyyah Pacet,Ponpes Miftahul Huda Manonjaya Tasikmalaya, Pondok Pesantren Al-Mubaarok Tasikmalaya, Al-Azhar Kairo, UIN, UNINUS, STAI, UPI dll.

 

Tingkat Pendidikan yang ada di Ponpes Al-Jawahir:
1. Pendidikan Diniyah Formal (PDF) Al-Jawahir

2. Madrasah Aliyah (MA) Al-Jawahir 

3. Mu’alimin Al-Islamiyah/santri muqim

4. Madrasah Diniyah Takmiliyah Al-Jawahir

5. TPQ/TKQ Nurul Hasanah

6. Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Al-Jawahir

Bidang Studi yang diajarkan meliputi:

Agama
Semua bidang studi yang diajarkan di MTS/SMP dan MA/SMA
Umum
Semua bidang studi yang diajarkan di MTS/SMP dan MA /SMA
Kepesantrenan
Pelajaran yang diajarkan khas di pondok pesantren dengan materi utama nahwu sharaf dan kitab-kitab kuning lain.

 

Lihat Visi Misi Ponpes Al-Jawahir, Klick Disini

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

fourteen − 1 =