Pelantikan Pramuka Tingkat Bantara

PPS Al-Jawahir (18/09/17)

Penanggung Jawa PPS Al-Jawahir, Furqon Arifin, S.Pd.I, M.M.Pd. menyematkan simbol Bantara kepada salah satu santri yang telah dilantik menjadi tingkat Bantara.

Sabtu (16/09) PPS Al-Jawahir telah melantik anggota Pramuka tingkat Penegak Bantara. Upacara pelantikan merupakan upacara dalam rangka memberikan pengakuan dan pengesahan terhadap seorang calon Penegak Bantara atas prestasi yang telah dicapainya. Upacara pelantikan bertujuan agar para calon Penegak Bantara yang dilantik mendapat kesan yang mendalam atas hasil usaha yang dicapainya, dalam rangka membentuk manusia yang berkepribadian, berbudi pekerti luhur, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, peduli kepada tanah air, bangsa, negara, dan Agama.

Sekilas Tentang Penegak Bantara

  1. Penegak Bantara adalah Calon Penegak yang telah memenuhi SKU bagi Penegak Bantara dan mentaati adat Ambalan.
  2. Perpindahan dari Calon Penegak menjadi Penegak Bantara dilaksanakan dengan upacara pelantikan, yang bersangkutan mengucapkan janji Tri Satya dengan suka rela dan berhak memakai tanda pengenal untuk Penegak Bantara.
  3. Selama menjadi Penegak Bantara di beri kesempatan latihan membaktikan diri kepada masyarakat dan membentuk kepribadian yang kuat.
  4. Seorang Penegak Bantara wajib tetap melanjutkan latihan dan kegiatan lainnya untuk :
  • Menyelesaikan SKU bagi Penegak Laksana sehingga dapat dilantik sebagai Penegak Laksana
  • Menempuh Syarat Kecakapan Khusus dengan kesenangan dan bakatnya sehingga mendapatkan Tanda Kecakapan Khusus
  • Mengembangkan bakat dan minatnya di satuan Karya Pramuka serta menyebarkan tugas pokok Sakanya itu sesuai dengan kemampuannya
  • Mencari kesempatan untuk mengikuti Kursus Pembina Mahir sehingga dapat membantu menyelenggarakan kegiatan di Perindukan Siaga atau Pasukan Penggalang
  • Berperan serta dalam memberikan bantuan kepada Kwartir sesuai dengan kemampuan dan kesempatan yang ada padanya

Pelantikan calon Penegak Bantara PPS Al-Jawahir berlangsung khidmat.

Jadi, Penegak Bantara adalah tingkatan Syarat-syarat Kecakapan Umum pertama dalam satuan Pramuka Penegak sebelum Penegak Laksana. Golongan Pramuka Penegak yang belum menyelesaikan Syarat-syarat Kecakapan Umum (SKU) Penegak Bantara belum dianggap sebagai Pramuka Penegak dan disebut sebagai “Tamu Ambalan”, atau “Tamu Penegak”
Untuk mencapai tingkat Penegak Bantara, calon Penegak harus memenuhi syarat-syarat sebagai berikut:
1. Rajin dan aktif mengikuti latihan Ambalan Penegak.

  1. Telah mempelajari dan menyetujui Anggaran Dasar Gerakan Pramuka.

AD/ ART Gerakan pramuka yaitu Surat keputusan KWARNAS no.086 tahun  2005

  1. Mengerti dan bersungguh-sungguh mengamalkan Dasa Darma dan Tri Satya dalam kehidupannya sehari-hari.

Upacara pelantikan yang dilaksanakan dengan tertib khidmat akan dapat membuka hati yang bersangkutan dan pada saat itu Pembina dapat memanfaatkan peristiwa tersebut sebagai media mendidik ketahanan spiritual, fisik, intelektual, emosional, dan sosial.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

three + twenty =