Napak Tilas Maqom Karomah Panjalu

Makom Karomah Prabu Hariang Kancana (Mbah Panjalu)

PPS Al-Jawahir (30/11/2017)

Memasuki bulan dilahirkannya Nabi Agung Muhammad saw, PPS Al-Jawahir kembali mengadakan wiasata ziarah dan napak tilas para waliyullah. Kali ini giliran makam para Wali yang tersebar di wilayah Priangan. Salah satu makam karomah yang sering dikunjungi yang terletak di Kabupaten Ciamis, tepatnya di kecamatan Panjalu yang terkenal dengan objek wisata situ Lengkong.

Santriwan PPS Al-Jawahir di depan gerbang Makam Karomah Situ lengkong, Panjalu, Kamis (30/11)

Objek wisata Situ Lengkong Panjalu, sesuai namanya, adalah sebuah danau seluas 57,95 hektar (situ = danau dalam bahasa Sunda) yang terletak di Kecamatan Panjalu, Ciamis utara, sehingga dikenal juga sebagai Situ Lengkong Panjalu, atau Situ Panjalu saja.

Danau dengan kedalaman berkisar antara 4 sampai 6 meter tersebut, istimewanya, juga memiliki sebuah pulau (nusa) seluas 9,25 hektar yang disebut Nusa Larang atau Nusa Gede.

Untuk mengakses Situs Makam Karomah, peziarah harus menaiki mode transportasi perahu motor.

Selain itu, di pulau seluas 9,25 hektar tersebut terdapat makam waliyulloh. Makam Prabu Hariang Kancana atau yang dikenal dengan sebutan Mbah Panjalu yang merupakan tempat peristirahatan terbaik seorang Penyiar agama Islam pertama di tanah Pasundan. Untuk sampai ke makam Karomah tersebut, peziarah harus menyebrang menggunakan alat transportasi perahu bermotor.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

11 + nineteen =