Masa Orientasi, Step Awal Mengenal Lingkungan Pesantren

Upacara Pembukaan Masa Pengenalanan Lingkungan Sekolah (MPLS) PPS Al-Jawahir, Bertujuan Agar Santri Mengenal Almamater PPS Al-Jawahir Sebelum Mengarungi Masa Pembelajaran Kedepannya.

PPS Al-Jawahir (25/07/17)

Dahulu, zaman admin masih menjadi pelajar, istilah masa orientasi bernama MOS (Masa Orientasi Sekolah). Seiring bergantinya zaman istilah masa orientasi ini berubah menjadi MOPD (Masa Orientasi Peserta Didik) dan MOSB (Masa Orientasi Siswa Baru) kemudian sekarang menjadi MPLS (Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah). Masa orientasi lazim dijumpai di tingkat SMP dan SMA. Hampir seluruh sekolah negeri maupun swasta menggunakan cara itu untuk mengenalkan almamater pada peserta didik baru.

Tak terkecuali di PPS Al-Jawahir, masa orientasi ini selalu menjadi agenda wajib yang bertujuan untuk memperkenalkan lingkungan pesantren yang notabene berbeda dengan sekolah formal lain. Di pesantren, santri akan tumbuh dan berkembang dengan adat istiadat pesantren pada umumnya, jauh dari kebisingan moderenisasi dan pengaruh-pengaruh lingkungan masyarakat umum.

Masa orientasi kini telah berubah menjadi kegiatan yang kreatif dan membangun, berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya yang identik dengan kekerasan dan penindasan oleh senior kepada juniornya. Di PPS Al-Jawahir, masa orientasi selain pengenalan lingkungan, disusupkan pula materi-materi tentang dasar-dasar teori kepemimpinan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 × 3 =