Laporan Program Kerja Wakamad PPS Al-Jawahir Periode Juli-Agustus Tahun Akademik 2017-2018

PPS Al-Jawahir (09/08/17)

Sebagai lembaga yang menaungi program formal, sudah lazim segala bentuk program atau kegiatan perlu adanya laporan administrasi sebagai bukti bahwa sebuah lembaga telah melaksanakan program tersebut.

Berikut laporan program kerja Wakil Kepala Madrasah HUMAS PPS Al-Jawahir periode Juli-Agustus 2017 :

 

LAPORAN PERTANGGUNG JAWABAN PROGRAM WAKASEK HUMAS

PERIODE JULI AGUSTUS TAHUN AJARAN 2017-2018


 KATA PENGANTAR

Alhamdulillah puji syukur mari kita panjatkan kepada Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat dan hidayah-Nya sehingga laporan kegiatan  Wakil Kepala Madrasah HUMAS Periode 17 Juli – 09 Agustus 2017 dapat tersusun dengan lancar. Sholawat serta salam tetap tercurahkan kepada Baginda Agung Rosulullah Muhammad SAW.

Laporan ini disusun untuk mengetahui sampai dimana dan apa saja  kegiatan-kegiatan yang sudah dilaksanakan oleh Wakil Kepala Madrasah HUMAS Periode 17 Juli – 09 Agustus 2017 dan sebagai bahan pertimbangan pada kegiatan Wakamad HUMAS  pada periode selanjutnya.

Kami menyadari bahwa penyusunan laporan ini masih terdapat banyak kekurangan dan kelemahan, oleh karena itu dengan rendah hati kami mengharap saran, nasehat, masukan dan kritikan yang sifatnya membangun demi kebaikan program Wakamad HUMAS pada periode selanjutnya.

Kami sebagai Wakamad HUMAS  menyadari bahwa semua kegiatan yang sudah terencana tidak akan dapat terlaksana dengan baik  jika tanpa dukungan dari berbagai pihak.Kami selaku Wakamad HUMAS hanya bisa mengucapkan terima ksih yang sebesar-besarnya semoga Allah yang membalas segala kebaikan dan selalu melindung, mempermudah dan memberikan keberkahan pada apapun aktifitas yang akan kita lakukan. Amin

 

BAB I

PENDAHULUAN

Wakil Kepala Madrasah bidang humas adalah sebuah tanggung jawab yang sangat besar, karena nilai jual, opini masyarakat dan respon masyarakat terhadap lembaga Pondok Pesantren Salafiyah Al-Jawahir tergantung dari seberapa mampu seorang wakamad Humas berperan dalam mempromosikan lembaga ini kepada masyarakat. Jika dalam sebuah perusahaan, maka wakamad Humas adalah seorang manajer pemasaran atau marketing dalam perusahaan.

Untuk bisa meyakinkan kepada pelanggan, maka seorang manajer pemasaran atau marketing harus mampu memahami sebuah produk unggulan dalam perusahaannya yang tidak dimiliki oleh perusahaan yang lain. Begitu juga di Pondok Pesantren Salafiyah Al-Jawahir.

Keberadaan PPS Al-Jawahir di wilayah selatan Bandung sebenarnya secara geografis sangat menguntungkan karena daerah Bandung Selatan merupakan daerah yang agamis dan masih banyaknya pondok-pondok pesantren  yang juga merupakan sumbangsih terbesar terhadap input ulama di Bandung. Akan tetapi itu juga merupakan peluang dan tantangan yang di hadapi PPS Al-jawahir karena pondok-pondok pesantren lain yang ada di wilayah Bandung,  mayoritas juga dilengkapi dengan lembaga pendidkan formal yang secara kualitas juga sepadan dengan PPS Al-Jawahir.

Untuk Pondok Pesantren Salafiyah Al-Jawahir, saat ini sudah ada program takhashus kitab kuning, hafalan Al-Qur’an, dan program pembelajaran Bahasa Arab dan Inggris. Dengan adanya program tersebut, maka diharapkan santri lulusan PPS Al-Jawahir mampu berbicara banyak dan siap terjun ke masyarakat luas.

Keberhasilan PPS Al-Jawahir dalam meyakinkan masyarakat dan menciptakan lulusan yang berkualitas tentu dengan adanya keterlibatan guru, pegawai dan  keluarga besar PPS Al-Jawahir  serta masyarakat yang peduli akan pendidikan pesantren. Adanya kerjasama dari berbagai pihak itulah yang akan mampu menciptakan santri PPS Al-jawahir agar sesuai dengan visi PPS Al-Jawahir yaitu Membentuk santri yang cerdas, terampil dan berakhlakul karimah untuk mencapai kebahagiaan dunia dan ukhrowi. Dengan terwujudnya santri PPS Al-Jawahir yang sesuai dengan visi yang ada, maka pada  akhirnya masyarakat  juga akan merasa memiliki dan merasakan manfaat dengan adanya lembaga pesantren di lingkungannya.

Bagaimanapun juga pesantren tidak bisa terlepas dari lingkungan masyarakat dimana pesantren tersebut berada, hubungan harus tetap dibina dengan baik, kultur dan budaya masyarakat tidak boleh bersinggungan. Bantuan dan silaturahmi dengan warga setempat, harus terus dibina.

Kerja sama dengan tokoh-tokoh masyarakat seperti RT, RW dan Kepala desa sangat diperlukan dan ditingkatkan lagi karena dengan kerjasama yang baik dan saling pengertian maka akan terciptanya kondisi yang tertib, keamanan terjaga dan situasi selalu kondusif karena masyarakat merasa ikut memiliki dan peduli dengan keberadaan PPS Al-Jawahir.

Kerjasama yang terpenting juga perlu dijalin dengan beberapa perusahaan yang ada disekitar Kabupaten Bandung.

Beberapa kerjasama dengan berbagai elemen dan lembaga yang ada dalam masyarakat sangat perlu dilakukan karena untuk menjawab amanah besar yang diberikan wali santri kepada PPS Al-Jawahir. Wali santri memiliki tuntutan yang besar terhadap lulusan lembaga. Kita sebagai pemegang amanah tersebut harus benar-benar bertekad mewujudkan amanah tersebut agar  lulusan PPS Al-jawahir diharapkan mampu menjadi manusia paripurna dan bermakna dalam kehidupan bermasyarakat, sesuai dengan sabda Rasulullah saw  “Sebaik-baiknya manusia adalah yang paling bermanfaat bagi orang lain”.

BAB II

TUGAS POKOK DAN FUNGSI WAKAMAD HUMAS

Membantu dan bertanggung jawab kepada Kepala Sekolah dalam:

  1. Mengatur dan menyelenggarakan hubungan sekolah dengan dewan sekolah
  2. Membina hubungan antara sekolah dengan wali murid
  3. Membina pengembangan antar sekolah dengan lembaga pemerintah, dunia usaha, dan lembaga sosial lainnya
  4. Membuat dan menyusun program semua kebutuhan sekolah
  5. Koordinasi dengan semua staf untuk kelancaran kegiatan sekolah
  6. Menciptakan hubungan yang kondusif diantara warga sekolah
  7. Melakukan koordinasi dengan semua staf dan bertanggung jawab untuk mewujudkan 9 K
  8. Menyusun program  kegiatan   bakti   sosial,   karya  wisata,   dan   pameran   hasil   pendidikan   (gebyar pendidikan)
  9. Mewakili Kepala Sekolah apabila berhalangan untuk mnghadiri rapat masalah-masalah yang bersifat umum
  10. Menyusun laporan secara berkala

 

BAB III

PROGRAM KERJA

Beberapa program kerja waka HUMAS periode Juli – Agustus 2017 sebagai berikut :

  1. Pengelolaan website PPS Al-Jawahir

Mengelola website www.ponpesaljawahir.com yang dimaksudkan untuk memudahkan masyarakat luar mengetahui dengan detail apa yang ada di PPS Al-Jawahir.

Pengelolaan website ini telah berjalan dari awal tahun ajaran 2017-2018, 17 17 Juli 2017 dan selama tenggang waktu 17 Juli-awal Agustus ini telah disebar 5 posting.

Adapun postingan yang ada sebagai berikut :

1)     Tanggal 25 Juli 2017     : Halal bi Halal Sarana Mempererat Silaturahmi

2)     Tanggal 25 Juli 2017     : Masa Orientasi, Step Awal Mengenal Lingkungan Pesantren

3)     Tanggal 25 Juli 2017     : Lowongan Kerja Untuk Bagian Staff Admin

4)     Tanggal 05 Agustus 2017: PPS Al-Jawahir Kedatangan Tamu Dari Dinas Kesehatan, Ada Apa Ya?

5)     Tanggal 07 Agustus 17  : Kreatif! Despacito Versi Santri, Ayo Mondok!

  1. Mengelola jejaring Sosial Facebook, Instagram, dan Twitter

Memanfaatkan jejaring sosial yang notabenenya sangat mudah diakses oleh masyarakat untuk syi’ar, promosi, motivasi, sekaligus mengajak masyarakat agar mengetahui program-program dan semua bentuk kegiatan PPS Al-Jawahir.

Publikasi semua bentuk kegiatan baik berupa foto maupun video. Menshare postingan website untuk membantu penyebaran website PPS Al-Jawahir lebih luas lagi.

  1. Komunikasi Intens Via Jejaring Sosial WhatsApp

Berusaha menjalin komunikasi dengan orang tua/ wali santri dengan lebih intens dengan tujuan orang tua santri merasa tenang dengan keadaan buah hatinya yang sedang berjuang di PPS Al-Jawahir.

  1. Bekerjasama dengan Lembaga Pelayanan Masyarakat

Menjalin kerjasama dengan lembaga dari Dinas Kesehatan Kabupaten Bandung yaitu Puskesmas Soreang dalam rangka Kampanye Imunisasi Virus Measles Rubella dan telah diadakan penyuluhan terhadap seluruh santri mengenai virus Measles Rubella. Selain itu juga pihak PPS Al-Jawahir sedang mengajukan program Santiasi dan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat Santri melalui metode penyuluhan dari lembaga utusan Dinkes Kabupaten Bandung.

 

PENUTUP

Demikian laporan ini kami buat, krirtik dan saran sangat kami harapkan demi perbaikan pada program kerja WAKAMAD HUMAS selanjutnya.

Semoga ALLAH SWT senantiasa memberikan kemudahan dan keberkahan pada  kegiatan yang direncanakan berikutnya , sehingga semua rencana kedepan dapat dilaksanakan dengan sebaik-baiknya, mendapat ridlo-Nya dan bermanfaat bagi kita semua. Amin

 

Bandung, 08 Agustus 2017

Mengetahui,

Penanggung Jawab Program PPS Al-Jawahir

 

 

 

 

Furqon Arifin, S.Pd.I., M.M.Pd

Wakamad Humas

 

 

 

 

 

 

Aang Nurhidayat, S.Pd.I

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

14 + 16 =