Ini Yang Dilakukan Santri Di Hari kemerdekaan Republik Indonesia

PPS Al-Jawahir (11/08/17)

Santri Mencoba menangkap Keyupuk dengan Mulutnya pada Lomba Makan Kerupuk

Merdeka! Itulah satu kata yang sangat intens diteriakan ketika pejuang-pejuang kita berusaha merebut negara tercinta kita dari penjajah. Untuk merebut kemerdekaan bangsa kita ini banyak darah yang harus ditumpahkan oleh para pejuang kita. Untuk kita sebagai penerus bangsa yang hidup di zaman kemerdekaan ini, tak perlu lah sampai menumpahkan darah. Kita hanya tinggal mengisi kemerdekaan ini dengan cara berusaha dan belajar menimba ilmu, baik ilmu dunia maupun ilmu keagamaan.

Merayakan hari kemerdekaan sebuah hal yang sudah menjadi tradisi yang masih terjaga hingga kini. Hampir seluruh masyarakat Indonesia selalu merayakan hari kemerdekaan dengan cara-cara yang kreatif dan menghibur.

Berikut beberapa lomba yang sudah menjadi tradisi masyarakat dalam memeriahkan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia :

  1. Lomba Makan Kerupuk

Santri PPS Al-Jawahir Memeriahkan Hari Kemerdekaan dengan Lomba Makan Kerupuk

Panitia perlombaan menyiapkan kerupuk sejumlah jumlah peserta yang digantung dengan tali secara berjejer kepada sebuah tali panjang. Para peserta berlomba untuk memakan kerupuk masing-masing, dan pemenangnya adalah peserta yang paling cepat memakan habis kerupuknya. Tantangan dari lomba ini adalah, peserta tidak diperbolehkan menggunakan tangan – dalam memakan kerupuk, peserta hanya diperbolehkan menggunakan mulutnya.

 

 

2. Lomba Balap Karung

Santri Bersiap di Garis Start dalam Perlombaan Balap Karung Memakai Helm

Balap karung adalah salah satu lomba tradisional yang populer pada hari kemerdekaan Indonesia. Sejumlah peserta diwajibkan memasukkan bagian bawah badannya ke dalam karung kemudian berlomba sampai ke garis akhir.

Meskipun sering mendapat kritikan karena dianggap memacu semangat persaingan yang tidak sehat dan sebagai kegiatan hura-hura, balap karung tetap banyak ditemui, seperti juga lomba panjat pinang, sandal bakiak, dan makan kerupuk.

3. Lomba Bakiak

Lomba Bakiak, Memerlukan Kekompakkan Tim

Lomba 17 Agustusan yang patut diadakan juga adalah lomba balapan bakiak, lomba ini membutuhkan kekompakan anggota tim untuk memenangkan pertandingan. Walaupun kamu memiliki kekuatan dan kecepatan dalam menggerakkan kaki, tetapi jika ritme gerakan kaki setiap anggota tim tidak pas, dijamin kamu akan sulit bersaing.

Lomba ini sangat rekomendasi untuk diadakan karena permainan tim biasanya akan lebih seru dan menantang.

4. Lomba Memasukkan Paku Ke dalam Botol

Lomba Memasukkan Paku ke dalam Botol Diperlukan Konsentrasi Tinggi

Lomba 17 Agustusan ini perlu kesabaran ekstra untuk memenangkannya. Peserta lomba diharuskan memasukkan paku ke dalam sebuah botol, untuk memasukkannya sulit karena botolnya digantungkan pada bagian belakang perut peserta melalui benang.

Hal yang unik juga dari lomba ini adalah media yang digunakan kadang memakai polpen, pensil atau bambu.

5. Lomba Memasukkan Belut Ke dalam Botol

Lomba Memasukkan Belut Lomba yang Membutuhkan Kecepatan Tangan

Tau belut kan? Ada yang merasa jijik dengan yang satu ini? Tidak semua orang mempunyai keberanian memegang belut, apalagi permukaan kulitnya yang sangat-sangat licin.

Memasukkan belut ke dalam botol adalah sebuah perlombaan yang sangat menantang bagi sebagian orang, untuk memegang dan memasukkannya ke dalam botol kita butuh keahlian khusus. Sebenarnya ada rahasia ketika memegang belut agar tidak mudah terlepas, yakni memegang bagian kepalanya dengan menekan bagian kepalanya menggunakan kuku ibu jari.

7. Lomba Memecahkan Balon Air

Lomba Memecahkan Air di Dalam Balon dengan Menutup Mata supaya Tambah Gereget

Perlombaan 17 agustus yang tak kalah menarik untuk diadakan juga adalah lomba pecahkan balon air. Pada lomba ini, seringkali seru peserta mengenai peserta lainnya. tetapi hal itu wajar dan dimaklumi karena setiap pemain memecahkan balon yang berisi air dalam keadaan mata tertutup.

Untuk media balonnya juga bisa diganti dengan benda lain yang sejenis seperti plastik yang berisi air atau pun kendi.

 

 

8. Lomba Main Bola Memakai Sarung

Lomba Main Bola Memakai Sarung, Bikin Geregetan

Di permainan sepak bola 17 Agustus tidaklah sama dengan sepak bola pada umumnya yang populer, di lomba ini semua pemain diwajibkan memakai sarung (pakaian khas tradisional Indonesia) sehingga bisa dipastikan sangat sulit memasukkan gol.

Jangankan memasukkan gol, untuk menendang bola saja para pemain sangat kesulitan, bahkan untuk pemain kelas dunia pun dijamin kesulitan, tapi di situlah keseruan dan keunikan lomba ini.

9. Lomba Egrang

Keseimbangan Sangat Diperlukakn Dalam Lomba Egrang

Lomba balapan egrang adalah lomba yang memerlukan keseimbangan dan konsentrasi agar tubuh tetap terjaga. Pada berbagai lomba, engrang juga digunakan dalam permainan sepak bola atau lomba makan kerupuk.

Dengan menggunakan engrang sebagai alat untuk berjalan, maka perlombaan akan semakin unik, kreatif dan menarik.

 

 

 

10. Lomba Panjat Pinang

Lomba Panjat Pinanng, Salah Satu Lomba Terfavorit

Yah, tentu saja ini adalah lomba 17 Agustus-an yang wajib ada. Tidak ‘afdhol’ rasanya merayakan HUT kemerdekaan kita tanpa adanya lomba yang ini. Walaupun lomba panjat pinang sangat-sangat sulit, namun tetap saja banyak yang mengikutinya, mulai dari anak-anak hingga dewasa.

Sensasi terpelorot dari atas pohon pinang karena lumuran oli atau minyaknya itu sangat gokil. Memang sih orang mengincar hadiahnya yang biasanya menarik dan digantungkan di bagian puncak pinang, namun hanya sekadar ikut mencoba memanjat saja sudah menciptakan kebahagiaan dan keceriaan tersendiri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

4 × four =